Daftar 5 Merek Smartphone Penguasa Pasar Gadget Indonesia

Daftar 5 Merek Smartphone Penguasa Pasar Gadget Indonesia - Bertemu lagi dengan saya Admin Tekno Droid Plus, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Daftar 5 Merek Smartphone Penguasa Pasar Gadget Indonesia, semoga saja isi postingan mengenai Android, bermanfaat buat sahabat Tekno Droid Plus.

Judul : Daftar 5 Merek Smartphone Penguasa Pasar Gadget Indonesia
link : Daftar 5 Merek Smartphone Penguasa Pasar Gadget Indonesia

International Data Corporation (IDC) Indonesia baru saja mengumumkan daftar lima besar merek smartphone pada 2017 yang menjadi penguasa pasar gadget Indonesia. Seperti biasa, persaingan pasar smartphone memang sangat panas, terbukti ada perubahan posisi di lima besar ini, bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (2016).

Pada posisi pertama memang masih dipegang oleh Samsung, begitu juga pada posisi runner up yang diduduki oleh Oppo. Kedua merek smartphone tersebut masing-masing mempunyai market share sebesar 31,8% dan 22,9%. Pada tahun 2016 lalu, Samsung mempunyai market share sebesar 28,8% dan Oppo sebesar 16,6% yang berarti terjadi kenaikan yang cukup signifikan.

Selanjutnya pada posisi ketiga yang sebelumnya diduduki oleh Asus, kini tergeser oleh brand asal Indonesia, yaitu Advan dengan penguasaan pasar sebesar 7,7%. Kemudian di urutan keempat dan kelima diduduki oleh Asus dengan perolehan market share sebesar 6,5% dan Vivo sebesar 6%, serta selanjutnya adalah gabungan dari seluruh vendor smartphone yang unjuk gigi di pasar Indonesia dengan peroleh market share sebesar 25,1%.

Sementara itu, IDC Indonesia juga membeberkan jumlah pengiriman produk smartphone pada kuartal IV 2017, di mana ada 7,8 juta unit smartphone yang dikirimkan ke pasar Tanah Air. Angka tersebut menjelaskan jika ada penurunan sebesar 9% dari tahun ke tahun.

Maka secara keseluruan, pengiriman di kuartal terakhir tersebut menutup tahun dengan total pengiriman produk smartphone ke pasar Indonesia mencapai angka 30,4 juta unit smartphone di sepanjang tahun 2017. Hal ini menjelaskan adanya penurunan pengiriman produk sebesar 1% dibandingkan dengan tahun 2016 lalu.

Menurut IDC hal tersebut dikarenakan adanya kombinasi antara pasokan pengiriman yang lebih rendah dan persaingan dari para vendor unggul sehingga berdampak pada beberapa vendor lainnya yang kehilangan market.

Risky Febrian selaku Associate Market Analyst, IDC Indonesia dalam keterangan tertulisnya (3/4/2018) menjelaskan "Kuartal keempat selalu menjadi kuartal dengan pengiriman tertinggi sejak 2013, tetapi ini berubah pada tahun 2017. Kebanyakan vendor akan mengirim dalam jumlah yang lebih besar untuk persediaan untuk perayaan akhir tahun dan Harbolnas,"

"Tetapi tidak dapat melakukannya kali ini, sehingga total pengiriman kuartal IV 2017 lebih rendah dari yang diharapkan, meskipun ada pertumbuhan signifikan dari vendor teratas," lanjutnya.

Ia menjelaskan, jika aturan TKDN yang diberlakukan pada awal tahun 2017, di mana persyaratan konten lokal harus diubah dari 20% menjadi 30%, hal ini membuat para vendor unggulan dapat bereaksi dengan cepat dengan memenuhi persyaratan baru tersebut, meskipun ada komitmen finansial yang lebih berat, namun hal ini dapat mengamankan dan memperkuat posisi mereka di Indonesia.

Febrian juga mengatakan "Ketika siklus penggantian device mulai bertambah lama dan para vendor tersebut menjadi semakin menonjol di Indonesia, vendor lain dengan mindshare yang lebih rendah dan portfolio produk yang kurang kompetitif, kemudian kehilangan pangsa pasar mereka,"

Nah sob, itulah daftar 5 merek smartphone penguasa pasar Indonesia yang resmi dirilis oleh International Data Corporation (IDC) Indonesia. Lantas bagaiman menurut kalian sob? Apakah merek smartphone kalian masuk ke daftar 5 besar tersebut?


Bagaimana postingan Artikel tentang Daftar 5 Merek Smartphone Penguasa Pasar Gadget Indonesia ?

Mungkin cukup sekian postingan Daftar 5 Merek Smartphone Penguasa Pasar Gadget Indonesia kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Daftar 5 Merek Smartphone Penguasa Pasar Gadget Indonesia dengan alamat link https://teknodroidplus.blogspot.com/2018/04/daftar-5-merek-smartphone-penguasa.html

Related Posts:

0 Response to "Daftar 5 Merek Smartphone Penguasa Pasar Gadget Indonesia"

Post a Comment